Peluncuran SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) BERBASIS RESIKO oleh Presiden Republik Indonesia


Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Online Single Submission (OSS) Berbasis Resiko dalam perizinan berusaha pada Senin, 9 Agustus 2021 di Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Kementrian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.Presiden berharap agar iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin membaik.

Presiden menyampaikan bahwa Sistem OSS berbasis resiko bertujuan untuk meningkatkan trasparansi, keterbukaan dan keterjaminan dalam mendapatkan izin berusaha bagi pelaku usaha di Indonesia.

Melalui layanan OSS berbasis resiko, para pelaku mikro usaha dan kecil dapat merasakan kemudahan dalam mendapatkan izin berusaha, terutama dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

OSS dibangun sejak bulan Maret 2021, Aplikasi OSS menghubungkan 4 aplikasi yakni aplikasi dengan ruang lingkup kabupaten/ kota, aplikasi untuk ruang lingkup provinsi, aplikasi untuk kementrian/ lembaga, aplikasi yang ada di pusat di Kementrian Investasi.

Dengan adanya OSS berbasis resiko tersebut, semua perizinan untuk usaha mikro dan kecil itu gratis tanpa adanya pungutan biaya apapun seperti untuk membayaran sertifikasi SNI dan sertifikasi halal.

Sumber: https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-resmikan-peluncuran-oss-berbasis-risiko/

Copyright © 2017 DPMPTSP Pemerintah Kabupaten Boyolali