ANALISIS OLEH MAHASISWA UNS, UMS & UNIBA TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN DI DPMPTSP KABUPATEN BOYOLALI


Sekelompok mahasiswa dari berbagai universitas tersebut diatas melakukan penelitan/riset  secara representatif sebagai penunjang tugas akhir,  yang mengambil tema tentang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan  di DPMPTSP Kabupaten Boyolali yang Pro investasi. Dalam pelaksanaan studi tersebut, masing-masing universitas meliputi mahasiswa UNS 1 orang, UMS 14 orang dan UNIBA 1 orang.  Adapun Jenis data yang digunakan dalam studi ini meliputi data primer dan sekunder. Data sekunder berupa jenis-jenis izin yang menjadi kewenangan PTSP tingkat kabupaten. Selain data sekunder, studi ini terutama menggunakan data primer untuk keperluan analisis studi. Data primer tersebut meliputi berbagai informasi mengenai PTSP di Boyolali yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan berbagai narasumber (in-depth interview) maupun Focused Group Discussion (FGD). Wawancara mendalam secara intensif dilakukan untuk menggali perspektif narasumber tentang PTSP di Boyolali Metode ini dipilih karena paling sesuai untuk menggali informasi dari masing-masing narasumber secara lebih mendalam serta  fleksibel  dalam  pelaksanaannya. 

Pelayanan perizinan yang menjadi bahan penelitan antara lain :

  • Pelayanan Izin Usaha Perorangan
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Observasi Perizinan Hotel
  • Penerbitan Izin Gangguan (HO) & Izin Tempat Usaha (ITU)
  • Perizinan lain........

 

Adapun Riset oleh para mahasiswa tersebut dilaksanakan pada Jum’at 16 Juni 2017 di aula DPMPTSP Kabupaten Boyolali yang dilayani  oleh para pemangku jabatan sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan riset yang diminta oleh para mahasiswa. Kepala DPMPTSP Kab. Boyolali                                                    ibu EL. RUSDIJANTI HL, SH menyampaikan kepada para mahasiswa untuk benar- benar mencermati segala persyaratan administrasi perizinan yang ada terkait dengan jenis perizinannya yang ada di DPMPTSP ini. Untuk biaya retribusi yang dikenakan hanya pada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO), sedangkan untuk jenis izin lainnya gratis. Dalam kesempatan itu juga beliau menjelaskan bahwa DPMPTSP Kab Boyolali merupakan salah satu Dinas yang mendapatkan apresiasi Zona Bebas Korupsi dari KPK Pusat di Jakarta.

DPMPTSP Kab Boyolali juga mempermudah pelayanan perizinan para pengusaha dalam memulai usahanya.Beberapa jenis perizinan  dapat diajukan dalam waktu bersamaan  atau secara paralel dan diurus dalam satu tempat. Hal tersebut menjadikan waktu dan prosedur dalam proses pengurusan izin di DPMPTSP Kab. Boyolali menjadi lebih singkat dalam memproses perizinan secara cepat (prosedur), jelas (persyaratan), mudah (waktu) dan murah (biaya). DPMPTSP juga memiliki semua syarat dan dukungan fasilitas untuk bisa memberikan pelayanan perizinan yang lebih baik dengan dukungan teknologi informasi secara ON-Line.

Copyright © 2017 DPMPTSP Pemerintah Kabupaten Boyolali