SOSIALISASI PP 24 TAHUN 2018 DAN BINTEK SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSON DI HOTEL BOROBUDUR JAKARTA


DPMPTSP Kabupaten Boyolali menghadiri sosialisasi Peraturan Pemerintah  No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) dan Bimbingan Teknis tentang Sistem OSS di selenggarakan  oleh Kemenko Bidang  Perekonomian RI  betempat di Hotel Borobudur, Jakarta pada tanggal 28 Juni 2018.

Kegiatan di buka oleh Deputi Bidang Koordinasi  Perniagaan dan Industri merangkap Plt. Sekretaris   Kemenko Bidang Perekonomian RI ( Bambang Adi Winarso), yang menjelaskan  bahwa  PP No. 24 Tahun 2018 dikeluarkan dalam rangka reformasi perizinan  dengan salah alasan adalah jumlah perizinan di Indonesia yang terlalu banyak sehingga nanti hanya ada 2 Jenis Perizinan Berusaha yaitu : 1) Izin Usaha  dan 2) Izin Komersial atau Operarional.

Setiap badan usaha atau orang yang  melakukan usaha akan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh Pelaku Usaha untuk mendapatkan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional termasuk untuk pemenuhan persyaratan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasiona yang  berlaku juga sebagai TDP, API, dan hak akses kepabeanan.

Dengan telah diundangkannya PP No. 24 Tahun 2018 ini, maka Menteri, pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/wali kota  mencabut dan menyatakan tidak berlaku seluruh peraturan dan/atau keputusan yang mengatur mengenai NSPK Perizinan Berusaha yang menjadi kewenangannya,  paling lama 15 (lima belas)  hari sejak diundangkannya.

Dilanjutkan dengan  Bimbingan Teknis Online Single Submission (OSS), yang awali dengan penjelasan singkat mengenai sistem OSS dimana konten perizinan, fasilitas dan proses bisnis dalam sistem OSS dirancang sederhana, tidak banyak, jelas, tegas dan murah sehingga memudahkan pelaku usaha dalam mengisi data secara lengkap dan benar.

Sistem OSS akan menginterkoneksikan dan  mengintegrasikan sistem teknologi informasi pelayanan perizinan yang dilakukan oleh PTSP Pusat  (BKPM) melalui SPIPISE, PTSP Daerah dengan SiCantik dari Kemenkominfo dan sistem dari berbagai K/L termasuk INSW.

Copyright © 2017 DPMPTSP Pemerintah Kabupaten Boyolali